Belajar Melepas Beban Yang Harusnya Tidak Perlu Anda Bawa Terus Menerus

Tidaklah Mudah Menerapkan Berdamai Dengan Masa Lalu Dan Diri Sendiri

Banyak orang yang kadang sudah tahu apa yang dia inginkan, sudah tahu perasaannya, sudah tahu jawabannya. Tapi mereka melawan semua perasaan itu. Karena takut jika semua itu tidak benar, atau hanya akan menjadi masalah yang besar. Sehingga anda hanya memendam perasaan itu. Sehingga anda hanya menyimpannya sendiri. Semua orang memiliki cara berbeda-beda dalam mengekspresikan diri mereka, pikiran mereka, ide mereka serta apa yang dirasakannya saat itu. 

Belajar Melepas Beban Yang Harusnya Tidak Perlu Anda Bawa Terus Menerus

Setiap orang berhak menunjukkan atau tidak menunjukkan perasaan atau rasa suka atau tidak sukanya pada sesuatu. Semua tergantung orangnya. Ada orang tanpa ditanya pun sudah mengatakan banyak hal tentang dirinya. Ada yang harus di pancing dulu, harus di tanya dulu, baru dia akan menceritakannya. Ada yang tetap tegas dan tertutup akan segala macam perasaannya. Setiap orang memiliki caranya yang berbeda-beda. Kira-kira anda yang mana?

Pada dasarnya setiap orang perlu meluapkan apa perasaannya, baik itu perasaan suka atau tidak. Katakan saja. Jika anda ingin menangis, menangislah, ingin marah ya marah. Ingin tertawa ya tertawa. Janganlah ditahan-tahan. Semua yang ditahan tidak akan menghasilkan sesuatu yang baik. Jika semua perasaan anda hanya disimpan sendiri, anda hanya menumpuk beban yang harus anda bawa kemanapun anda melangkah. Apakah nyaman membawa beban yang sama terus menerus sepanjang hidup anda. Yang anda hanya menyulitkan diri anda sendiri. Padahal anda bisa meletakkannya, meninggalkannya. Bahkan anda bisa membuangnya.

Tapi kenapa anda masih menyimpannya dengan rapi. Dan terus dibawa kemana-mana. Mau sampai kapan anda menghukum diri anda sendiri? Cukuplah Tuhan yang menghukummu. Jangan menambah menghukum dirimu sendiri. Dengan anda membawa beban yang harusnya tidak perlu. Membuat anda tidak pernah menikmati apapun yang anda lalui, dan ini sangat disayangkan. Lepaskan segala bebanmu, keluarkan segala ekspresimu, segala perasaanmu. Dan nikmati apa yang ada di depanmu dan apa yang sedang anda jalani. Sehingga anda bisa membuat sesuatu yang maksimal dan hal itu bisa menjadi berkat untuk anda dan juga banyak orang.