Tips Menjaga Dan Merawat Hubungan Persahabatan Langgeng

Jalan Menuju Tujuan Selalu Tidak Pasti Dan Kadang Terjadi Perubahan

Kalian pasti memiliki teman dekat atau sahabat. Ada yang temenan dari TK, SD, SMP, SMA, atau baru beberapa tahun akhir ini. Setiap orang pasti memiliki minimal satu teman dekat. Banyak yang kadang bingung mau menjelaskan atau mengkategorikan sahabat itu seperti apa. Ada yang bilang kalau berteman atau bersahabat sudah lebih dari 10 tahun, dia lah sahabat sejatimu. Apa kalian setuju akan hal itu? Banyak dari orang yang mengiyakan akan pernyataan ini. Tapi ada juga yang kehilangan sahabatnya setelah 10 tahun.

10 Kata-kata Persahabatan yang Menyentuh Hati dari Para Tokoh, Bikin Makin  Solid - Lifestyle Liputan6.com

Tetap Menjaga Komunikasi Dengan Sahabat

Dengan segala kecanggihan teknologi di zaman ini, membuat orang semakin mudah dalam berkomunikasi. Dan semakin mudah untuk mendekatkan yang jauh. Tapi jangan sampai menjauhkan yang dekat ya. Dan kadang banyak dari kalian yang harus mengalami LDR dengan sahabat. Mungkin karena urusan pendidikan, kerjaan, atau kehidupan rumah tangganya yang baru. Dan mengharuskan dia berpindah. Sehingga semakin sulit untuk kalian bertatap muka. Tapi kalian masih bisa berkomunikasi lewat media sosial atau pun video call. Mau sejauh apa pun dia, tetap lakukan komunikasi. Tanyakan kabarnya. Tidak perlu rutin. Bahkan yang benar-benar sahabatan, yang sampai berpuluh-puluh tahun. Mereka hanya bercengkeramah 1-2 kali, dalam sebulan bahkan ada yang 6 bulan sekali baru komunikasi. Karena memiliki kesibukan masing-masing. Tapi itu tidak menghentikan komunikasi.

Menerima Kurang Dan Lebih Dari Sahabat

Setiap orang memiliki lebih dan kurang. Apalagi berjalannya waktu, seseorang tidak akan menjadi orang yang sama terus menerus. Setiap orang pasti mengalami perubahan. Entah perubahan fisik, pola pikir, dan lain sebagainya. Dan jika kalian menemukan sahabat kalian sudah semakin berubah. Entah dari penampilan atau cara berpikir. Sebagai seorang sahabat, pasti akan menerimanya. Terima segala perubahannya. Karena itu keputusannya. Baik berubah semakin baik atau buruk. Jika kalian dapati sahabat kalian semakin berubah ke arah negatif, rangkul mereka, bawa mereka kembali ke tracknya. Mungkin dia mengalami banyak situasi buruk saat kalian berada jauh, sehingga membuat dia berubah. Sehingga kalian bisa menjadi pendengar, sahabat keluarga yang baik baginya.